Sabtu, 05 Maret 2016

Untungnya Budidaya Sengon Laut Albazia

Fungsi dan kegunaan sengon laut
Investasi tanaman sengon sangatlah menguntungkan. Banyak orang yang tergiur untuk membudidayakan tanaman satu ini mulai dari orang biasa sampai pengusaha. Pemeliharaan yang mudah, penanganan penyakti yang terbilang tidak susah, cocok ditanama pada iklim tropis seperti di Indonesia, cepat berkembang atau tumbunya serta komoditi oemasaran kayu sengon yang sangat menguntungkan, menjadikan tanaman satu ini banay dibudidayakan. Dengan harga kayu sengon yang sangat menggiurkan banyak pula keluarga-keluarga yang memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah meraka untuk menana tanaman sengon ini.
Investasi tanaman sengon memang sangat menguntungkan apalgi hamper seluruh bagian tanaman sengon bisa dimanfaatkan , diantaranya :
 Daun
Daun Sengon, sebagaimana famili Mimosaceae lainnya merupakan pakan ternak yang sangat baik dan mengandung protein tinggi. Jenis ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing, dll, menyukai daun sengon tersebut.
Kayu
Bagian yang paling bermanfaat dan banayk dicarai pada tanaman sengon adalah pada batang kayunya. Harga yang cukup menggiurkan menjadikan tanaman sengon banayk dibudidayakan dan diusahakan untuk berbagai keperluan dalam bentuk kayu olahan berupa papan-papan dengan ukutan tertentu sebagai bahan baku pembuatan peti, papan penyekat, pengecoran semen dalam konstruksi, industry korek api, pensil, papan partikel, bahan baku pulp kertas, dll
Perakaran
Sistem perakaran sengon memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan, yaitu banyak kanndung nodul akar, yang mana merupakan hasil simbiosis dengan bakteri Rhizobium. Hal ini menguntungkan bagi akar dan tanaman sekitarnya. Keberadaan nodul akar tanaman sengon dapat membantu porositas tanah dan penyediaan unsur nitrogen dalam tanah. Dengan demikian pohon sengon dapat membuat tanah disekitarnya menjadi lebih subur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar